Menu

Perlukah Internasionalisasi Pendidikan Tinggi?

Sumber kampus.okezone.com Kamis, 22 Desember 2011
JAKARTA - Salah satu pasal dalam draft Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) membahas tentang internasionalisasi pendidikan tinggi. Pertanyaannya, apakah internasionalisasi pendidikan tinggi ini diperlukan dan memberi manfaat bagi pendidikan tinggi Indonesia?

Pasal 32 RUU PT menyatakan, Internasionalisasi Pendidikan Tinggi dilaksanakan melalui (a) penyelenggaraan pembelajaran yang bertaraf internasional, (b) Kerja sama internasional antara lembaga penyelengara pendidikan tinggi Indonesia dan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi negara lain; dan (c) penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh lembaga penyelenggara pendidikan tinggi negara lain.

Pasal ini menurut anggota Komisi X DPR RI Raihan Iskandar, membeberkan fakta bahwa dalam ranah internasionalisasi pendidikan, institusi pendidikan tinggi Indonesialah yang menjalin kerja sama dengan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi negara lain.

"Akan tetapi yang patut kita kemukakan di sini ialah, sejauh mana manfaat kerja sama tersebut?" ujar Raihan dalam keterangan tertulisnya kepada okezone, Kamis (22/12/2011).

Raihan mengkhawatirkan, jika RUU PT disahkan dan pasal 32 ini lolos dalam pembahasan, maka penerapan ayat (c) dalam pasal tersebut akan membuka peluang bagi perguruan tinggi asing bermunculan di Tanah Air. Jika demikian, perguruan tinggi nasional dan asing akan berkompetisi dalam menguasai 'pasar mahasiswa'.


Pertanyaan selanjutnya, ujar Raihan, apakah peluang serupa akan tercipta bagi perguruan tinggi nasional di pasar luar negeri, misalnya dengan membuka kampus di negara lain?

"Pasal terkait internasionalisasi dalam RUU PT harus dikaji secara cermat. Di satu sisi, RUU ini seharusnya melindungi eksistensi perguruan tinggi nasional. Di sisi lain, RUU ini pun harus menjadi pendorong bagi tiap perguruan tinggi kita untuk bisa bersaing dalam kancah persaingan global," ujar Raihan menegaskan.

Masalah kesejajaran perguruan tinggi nasional dengan asing juga menjadi poin perhatian lainnya dari Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. Raihan memaparkan, pasal 1 ayat (1) draft RUU PT menyatakan, internasionalisasi adalah proses menyejajarkan perguruan tinggi dalam pergaulan internasional.

Pasal ini, menurut Raihan, dapat diartikan bahwa posisi perguruan tinggi kita masih belum sejajar dengan negara lain. Dengan demikian, internasionalisasi pun diperlukan untuk mencapai kesejajaran itu.

Raihan mengkritik, perlukah kampus-kampus nasional menyejajarkan diri mengikuti standar yang ditetapkan secara internasional? Padahal, perguruan tinggi di Indonesia juga memiliki karakteristik tersendiri.

"Karakteristik ini unik, dan tidak harus disamakan dengan standar yang dibuat berdasarkan kacamata global. Bahkan, bisa jadi justru kita sendiri yang seharusnya menyebarluaskan nilai-nilai dan karakteristik itu ke tengah-tengah masyarakat global," tandas Raihan.(rfa)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805599
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
89
248
1923
6800280
5319
15138
6805599

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:52:23

Kami memiliki 55 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top