Menu

Pentingnya Lembaga Kemahasiswaan

Sumber kampus.okezone.com Senin, 19 Desember 2011
PIMPINAN perguruan tinggi menyadari pentingnya memberikan fasilitas kepada mahasiswa dalam penyaluran bakat dan minat melalui lembaga kemahasiswaan (LK). Upaya ini diyakini bisa meredam tawuran antarmahasiswa yang dapat menciderai nama kampus.

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Idrus Paturussi mengatakan, kampus yang dinaunginya memiliki fasilitas untuk pengembangan kemahasiswaan terlengkap di Indonesia bagian timur. Fasilitas kemahasiswaan bisa mengakomodasi penyaluran semua potensi mahasiswa lewat unit kegiatan mahasiswa (UKM).

“Ini kita harapkan menjadi tempat pengembangan mahasiswa untuk menyalurkan bakatnya dan terhindar dari aktivitas yang tidak berguna,” kata Idrus.

Untuk melengkapi fasilitas kemahsiswaan, Unhas saat ini membangun Gedung Olahraga (GOR) Voli Pantai indoor. Semakin banyaknya ruang penyaluran bakat maka semakin banyak membuka ruang mahasiswa untuk berprestasi.

Sementara Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Hamsu Abd Gani mengungkapkan, salah satu upaya yang dilakukan oleh pimpinan perguruan tinggi adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pengembangan diri mahasiswa bisa disalurkan melalui lembaga kemahasiswaan yang ada di setiap kampus.


Pembinaan kegiatan kemahasiswaan ditekankan pada pengembangan akademik, penalaran, dan karya tulis mahasiswa. Dengan berorganisasi, mahasiswa bisa berkreasi dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Sementara, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unismuh Makassar, Darwis Muhdina mengatakan, kampus semestinya memberikan ruang kepada mahasiswa dalam menyalurkan bakat dan minatnya di berbagai bidang antara lain olahraga, seni dan karya tulis ilmiah.

Hanya saja, kampus khususnya perguruan tinggi swasta kerap dihadapkan pada persoalan klasik yakni keterbatasan anggaran.

Sosiolog Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Dr Darwis mengatakan, kampus mestinya melakukan pendekatan preventif terhadap mahasiswa. Salah satunya, menggerakkan potensi yang dimiliki mahasiswa melalui kegiatan pengembangan bakat dan minat. Langkah ini seharusnya dilakukan oleh pimpinan universitas, khususnya yang menangani bidang kemahasiswaan.

“Ini yang tidak berjalan di setiap kampus di Makassar. Seharusnya, mahasiswa diberi ruang kreatifitas dan organisasi kemahasiswaan didorong mengembangkan diri,” ujarnya.

Tawuran antarmahasiswa akan terus terjadi sepanjang aturan tidak ditegakkan. Aturan akademik sudah ada, namun tidak sungguh-sungguh dilaksanakan. Tanpa ketegasan dari pimpinan kampus maka tawuran akan terus terjadi. Sanksi akademik dan proses hukum harus ditegakkan.

“Penegak hukum harus serius menangani kasus tawuran.Tawuran ini tindakan kriminalitas. Oknum mahasiswa merusak properti kampus, membawa senjata tajam dan senjata api. Jadi, penegak hukum harus serius,” bebernya. (syamsu rizal/abd salam malik/koran si)(//rfa)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Tajug

Informasi, Inspirasi dan Penumbuh Harapan

Oleh Dr. Suparnyo SH. MS.

9 Februari, diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Untuk itu, secara pribadi maupun institusi, Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers kita akan semakin baik secara kualitas, sehingga benar-benar bisa mengambil peran maksimal sebagai pilar keempat demokrasi.


Kepedulian Sosial Pasca Ramadhan

Oleh H. Suparnyo

Tak terasa, Ramadhan 1437 H / 2016 M akan segera berlalu dan Idul Fitri sudah di depan mata. Selama Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya ditandainya dengan tumbuhnya rasa kepedulian sosial atau kedermawanan.


Ramadhan dan Etos Keilmuan Santri

Oleh H. Suparnyo

Mengawali tulisan ini, atas nama pimpinan Universitas Muria Kudus (UMK), saya ucapkan selamat menunaikan puasa Rama-dhan 1347 H. / 2016 M. kepada segenap sivitas akademika UMK secara khusus dan umat Islam sedunia umumnya.


Read More

Pengunjung

06805572
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
62
248
1896
6800280
5292
15138
6805572

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-14 03:47:23

Kami memiliki 28 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 43.1%
Warna - 16.5%
Menu - 11.8%
Tata Letak - 23.3%
Tidak Ada - 5.3%

Total votes: 399

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum

Manajemen

Pendidikan Dasar

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top