Fakultas

Universitas Muria Kudus memiliki 6 Fakultas, di mana masing-masing fakultas memiliki sejumlah program studi yang menawarkan berbagai program pendidikan dengan strata gelar yang beragam.

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus didirikan pada tanggal 12 Juni 1980 yang merupakan kelanjutan dari Sekolah Tinggi Ekonomi (STE) Kudus yang telah berdiri sejak 1967. Pada saat berdirinya mempunyai satu jurusan yaitu Jurusan Ekonomi Perusahaan dengan jenjang program sarjana Muda. Pada Tahun 1983 jurusan Ekonomi Perusahaan berubah menjadi jurusan Manajemen dengan Program S1 Status terdaftar. Pada tahun 1989 statusnya meningkat menjadi diakui. Fakultas Ekonomi UMK saat ini mengelola empat program studi (Progdi) , yaitu Program Studi Akuntansi D3, Program Studi Manajemen S1, Program Studi Akuntansi S1 dan Program Studi Manajemen S2. Program Studi Akuntansi D3 diimpassing pada tahun 2010. Status peringkat akreditasi untuk progdi Manajemen S1 adalah B yang diperoleh pada tahun 2015, kemudian Progdi Akuntansi S1 mendapat peringkat akreditasi B pada tahun 2011 dan progdi Manajemen S2 mendapatkan peringkat akreditasi B pada tahun 2012.

PRODI BERDASARKAN GELAR

Sarjana Ekonomi (Akuntansi)
Sarjana Ekonomi (Manajemen)
Magister Manajemen

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

Fakultas Ekonomi
Program Studi Manajemen
Program Studi Akuntansi
Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi
Fakultas Hukum
Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum (FHPSIH) Strata 1 (S1) didirikan pada tanggal 12 April 1982 berdasarkan Keputusan Menteri P & K Republik Indonesia Nomor : 0125/0/1982 dengan status terdaftar. Pada tanggal 16 Agustus 1993 terjadi perubahan status menjadi diakui berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 501/DIKTI/Kep/1993. Ijin pendirian FHPISH diperpanjang dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 1136/D/T/2004 terakhir dengan Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 9284/D/T/K-VI/2011 tanggal 7 Desember 2011.

PRODI BERDASARKAN GELAR

Sarjana Ilmu Hukum
Magister Hukum

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

Fakultas Ilmu Hukum
Program Studi Ilmu Hukum
Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Hukum
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus (FKIP UMK) didirikan pada 12 Juni 1980 dengan SK Ijin Penyelenggaraan Nomor 0125/0/1982 tanggal 12 April l982 yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Dr. Daoed Joesoef). Sejak didirikan sampai sekarang FKIP UMK memiliki 3 (tiga) program studi: Bimbingan dan Konseling (BK) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1. Pada tahun 1980-1983 program studi BK dan PBI melaksanakan pendidikan untuk jenjang Sarjana Muda, dan sejak 1984 melaksanakan pendidikan jenjang Sarjana (Strata 1). Pada tahun 2015 FKIP UMK memperoleh ijin pendirian program studi baru yaitu Program Studi Pendidikan Dasar (S2) dan Pendidikan Bahasa Indonesia (S1), sedangkan Pendidikan Matematika (S1), dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) masih menunggu ijin turun.

PRODI BERDASARKAN GELAR

Sarjana Pendidikan (Bahasa Inggris)
Sarjana Pendidikan (Bimbingan Konseling)
Sarjana Pendidikan (PGSD)
Sarjana Pendidikan (Bahasa Indonesia)
Sarjana Pendidikan (Matematika)
Magister Pendidikan

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Program Studi Bahasa Inggris
Program Studi Bimbingan Konseling
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Program Studi Bahasa Indonesia
Program Studi Matematika
Program Pascasarjana Pendidikan Dasar
Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus dirintis sejak tahun 1982 dengan jurusan Budidaya Pertanian dan mendapat Status Terdaftar pada tahun 1984 berdasar SK. Mendikbud RI No. 061/0/1984. tanggal 29 Nopember 1984. Pada tahun 2005 jurusan/program studi tersebut berubah menjadi Jurusan Agronomi. Namun sejak tanggal 17 September 2008 melalui surat Direktorat Pendidikan Tinggi no. 3217/D/T/2008, Program Studi Agronomi diubah menjadi Program Studi Agroteknologi. Program Studi Agroteknologi merupakan satu-satunya program studi yang ada di Fakultas Pertanian UMK

PRODI BERDASARKAN GELAR

Sarjana Pertanian

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

Fakultas Pertanian
Program Studi Agroteknologi
Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus berdiri pada tahun 1997. Pada awal berdiri, program studi pertama yang ditawarkan adalah Program studi D-3 Teknik Mesin dan program studi D-3 Teknik Elektronika. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan kebutuhan dari masyarakat, saat ini Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus telah memiliki Program Studi S-1 Sistem Informasi, program studi S-1 Teknik Informatika, program studi S-1 Teknik Elektro, dan program studi S-1 Teknik Mesin, dari empat program studi seluruhnya sudah terakreditasi oleh Dirjen Dikti. Hingga saat ini, lulusan Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus sudah banyak berkarya di instansi pemerintah maupun swasta/dunia industri.

Tantangan perkembangan dunia teknologi dan informatika dengan sangat pesat, untuk bisa mengikutinya Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus terus meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan perkembangan teknologi dan membekali mahasiswa dengan kemampuan enterpreneur sehingga bisa bersaing dengan institusi lain di tingkat nasional dan global.


PRODI BERDASARKAN GELAR


Sarjana Teknik (Mesin)
Sarjana Komputer (Informatika)
Sarjana Teknik (Elektro)
Sarjana Komputer (Sistem Informasi)
Sarjana Teknik (Teknik Industri)

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

Fakultas Teknik
Teknik Mesin
Teknik Informatika
Teknik Elektro
Sistem Informasi
Teknik Industri

Fakultas Psikologi

PRODI BERDASARKAN GELAR

Sarjana Psikologi

FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

Fakultas Psikologi
Program Studi Psikologi