Arwani, Dari Hobi, Kini Dapat Beasiswa

Peluang studi lanjut ke jenjang Magister (S2) dan doktor (S3) terus menjadi incaran para staf pengajar Universitas Muria Kudus (UMK). Salah seorang staf pengajar Fakulkultas Ekonomi UMK, Mokhamad Arwani, salah satunya.Arwani kini sedang melanjutkan studi doktoral di Universitas Brawijaya Malang. Sudah semester lima ia jalani di kota apel itu.

Pak Arwani, begitu orang memanggil, telah menerima beasiswa program pascasarjana DIKTI. Arwani mendapat beasiswa saat pertama kali mengajar di Kampus yang bervisi Universitas Kebudayaan ini. Melalui beasiswa S3 yang ia peroleh, berkesempatan menghirup udara di Universitas La Trube Australia, pada program sandwich tahun 2009 lalu.

Sebelum mengabdi di UMK, dirinya pernah mengajar di salah satu perguruan tinggi di Surabaya dan Malang. Pria kelahiran Kudus, 10 Mei 1978 ini telah menyelesaikan sarjana di Universitas Islam Malang. Lalu melanjutkan pada program Pascasarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Kecintaan pada dunia pendidikan, bermula ketika dirinya masih di bangku SMA. Saat itu, Arwani muda belajar di salah satu SMA di Pacitan Jawa Timur. Saat di Pacitan ada seorang Profesor yang menawari belajar di salah satu PT yang ada di Malang. Dari ajakan profesor itu, pria asli Kudus ini akhirnya mulai melanjutkan pendidikan di sana.

Masa Belajar
Kecintaan pada bidang manajemen, menjadi rujukan judul disertasi yang telah ia susun. Konsentrasi keilmuan dan pilihan judulnya, “Peran Moderator Karakteristik Konsumen: Pengaruh Kepuasan dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Syariah”. Dalam beberapa bulan kedepan Arwani akan segera mengujikan disertasinya tersebut.

Menurutnya, keilmuan doktor itu filosofis. Sehingga harus dapat diaplikasikan secara kongkret di bidang lain. (Ulin/Portal UMK)